Minggu, 13 Januari 2013

OPINI


PENYEBAB LINGKAR HITAM DI MATA

Salah satu masalah yang terkat dengan penampilan mata adalah bayangan hitam yang sering berada dibawah mata. Hal ini akan mempengaruhi penampilan dan kesegaran wajah. Ada banyak hal yang menyebabkan itu bisa terjadi, salah satunya kita kurang tidur. Rona hitam dibawah mata, menurut para ahli kesehatan dapat pula merupakan gejala dari gangguan kesehatan yang serius.  Ada beberapa faktor yang mungkin dapat menyebabkan lingkaran hitam dibawah mata, diantara lain:

1.    Akibat sinar matahari, sinar matahari dapat menjadi penyebab adanya lingkar hitam dibawah mata karena area dibawah mata lebih sensitive dan cepat berubah menjadi gelap dibandingan kulit lain disekitar wajah.
2.    Kurang asupan nutrisi, jika kita kurang mengonsumsi sayuran hijau maka rina kehitaman dibawah mata kita adalah tanda kalau mungkin kita kurang nutrisi. Untuk mengatasinya maka konsimsilah makanan yang banyak mengandung antioksidan setiap hari.
3.    Kurang tidur, jika terlalu sering begadang, lingkaran hitam dibawah mata dapat menjadi penanda kalau kita kurang istirahat(tidur). Semakin kita lelah, maka kulit wajah akan semakin memperlihatkan aliran darah dibawah mata sehingga corak kulit dibawah mata akan terlihat gelap.
4.    Keturunan, untuk sebagian orang, lingkaran hitam dibawah mata bisa jadi karena faktor genetik.
Lalu bagaimana kita mengatasinya?
Ada beberapa cara sederhana yang InsyaAlloh dapat mengatasi warna gelap dibawah mata tersebut, misalnya:
1.    Dengan produk kosmetik, saat ini banyak produk kosmetik yang dapat membantu mengurangi noda hitam dibawah mata, namun kita haru pandai-pandai memilih kosmetik mana yang aman untuk kita pakai dan sesuai dengan jenis kulit kita.
2.    Cara tradisional, lingkaran hitam dibawah mata karena kurang tidur atau kelelahan, dapat disegarkan dengan mengompres mata dengan irisan mentimu atau tomat yang ditempelkan dimata.
3.    Tidur, beristirahat atau tidur yang cukup dapat membantu kita menghilangkan rona hitam dibawah mata.
4.    Menghilangkan factor pemicu, pelajari apa factor pemicu timbulnya rona hitam pada mata, sebisa mungkin kita harus menghindarinya. Tentu kita tidak ingin kan memiliki rona hitam dibawah mata seperti beruang.


Anguun Hermiati Khasanah